Posted by: sherlockh30 | January 11, 2009

KEKUATAN PIKIRAN

Sebentar lagi PEMILU 2009. Akhir2 ini kita banyak menjumpai di jalan2 foto2 yg cakep2 & cantik2 calon legislative anggota DPR. Kita sama sekali ga kenal mereka lho padahal. Tapi mereka berharap kita mencoblos mereka dengan memampang gambar banner2 foto mereka di jalan2 yg banyak dilewati di Surabaya. Mengapa mereka melakukan ini?

Well pernah ga kita denger teori bahwa jika kita suka sesuatu, maka kita akan sering melihat barang itu. Misalnya ketika kita pingin banget beli Hyundai Atoz warna silver. Anhe tapi nyata, tiba2 kita bakal sering liat mobil jenis itu di jalanan. Percaya ga percaya alam bawah sadar kita otomatis akan menyeleksi apa yg kita sukai, sehingga seolah2 kita sering melihat apa yg kita sukai tersebut.

Nah yg dilakukan para caleg tersebut adalah sebaliknya, atau yg biasa di bahasa marketing disebut membangun image atau branding. Bedanya image yg dibangun bukan produk, tapi wajah orang. Ketika kita sering melihat wajah seseorang yg mengiklankan dirinya sbg caleg, walaupun kita nggak kenal orang tesebut, mereka berharap bahwa gambar atau foto mereka akan tertanam di pikiran kita sehingga pada saat pemilihan kita mencoblos gambar mereka. Semakin banyak foto mereka terpampang, maka mereka akan semakin “terkenal” dan potensi/kemungkinan untuk dicoblos semakin besar.

Jadi rumusnya begini : ketika kita suka suatu barang -> kita akan sering melihat barang tsb, jadi para caleg banyak2-kan memampang foto mereka -> kita sering lihat foto mereka -> kita jadi suka salah satu orang yg paling sering kita lihat -> COBLOS deh, ini tujuan terakhirnya….

Well ini cuman teori sih jadi nggak 100% bener, he..he..tapi cukup menarik juga untuk aku share ke Bloggy.


Responses

  1. Betul banget! Kayak kemarin aku kepingin banget pizza, sampe kebauan pizza dimana2. Eh, itu termasuk kekuatan alam bawah sadar nggak sih?
    Soal foto2 caleg yang pada nampang dimana-mana itu (seolah2 pingin nyaingin kepopuleran para bintang idola di TV), kalo sekarang sih sudah terlalu banyak. Malahan ada yg satu spanduk/poster rame2 ada 3-5 orang caleg yg nampang. Wuduh, bagaimana bisa inget? Yah, namanya orang Indonesia, LATAH BO!!!

  2. Wek knapa pakek mbahas Pizza segala hon..? :p peace


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: